Thursday, November 6, 2008

rangkuman bab 2

BAB 2
JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA

I. JARINGAN KOMPUTER
A. Apa Itu Jaringan Komputer?
Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain. Dalam sebuah jaringan komputer terdapat : (1) komputer server yang berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan dan sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer-komputer client, sebagai gateway jika terhubung ke internet, dan sebagai web server, dan (2) komputer client adalah komputer yang menerima layanan.

Manfaat jaringan komputer :
1. Membagi sumber daya
2. Reliabilitas tinggi
3. Menghemat uang
4. Sarana komunikasi

B. Berbagai Jenis Jaringan
Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 2, yaitu (1) jaringan kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel adalah jaringan yang dihubungkan dengan gelombang radio.

Dilihat dari area yang dicakupnya, jaringan komputer digolongkan atas 4 jenis:
1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang yang terdapat di dalam gedung tersebut. Komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di gedung tersebut. Komputer yang terhubung dalam 1 LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan dan untuj berbagi data antara 1 instansi dengan instansi yang lain.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. Digunakan oleh perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia dan negara maju untuk menghubungkan database dari 1 daerah lain dan antarinstansi dab lembaga-lembaga yang ada.

4. Internet
Internet merupakan Kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, makadibangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan 1 benua dengan benua lain yang dibangun melalui dasar laut.



C. Perangkat Jaringan Komputer
1. Server
Mempunyai sistem operasi aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer lain dalam jaringan. Jika jaringan dihubungkan ke internet, komputer server yang berfungsisebagai gateway atau gerbang computer client untuk mengakses internet.

2. Client
Digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.

3. Kartu Jaringan/ LAN Card
LAN card adalah perangkat keras jaringanyang dipasang di motherboard komputer yang terdapat di jaringan. Dengan adanya ini, memungkinkan komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data.

4. Hub
Berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card dan sebagai penguat sinyal.

5. Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang dipakai untuk mengubungkan 1 komputer dengan komputer lain. Bila diperlukan, diantara 2 komputer yang dihubungkan dengan kabel ditempatkan hub. Kabelyang digunakan di jaringan adalah kabel UTP.

6. Repeater
Berfungsi untuk menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya.

7. Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan lain.

8. Router
Berfungsi untuk mengatur aliran data dari 1 jaringan ke jaringan yang lain. Ada 2 jenis router, yaitu (1) router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dan (2) router PC adalah komputer PC yang dibuat menjadi router.

II. Komunikasi dan Keamanan Data
A. Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebyah jaringan, baik jaringan lokal maupun jaringan yang lebih luas, seprerti internet. Komunikasi data antara 2 komputer dilakukan dengan menggunakan protokol. Protokol atau bahasa komunikasi komputer adalah aturan yang membuat 2 buah komputer saling mengerti satu dengan yang lainnya.

Salah satu protocol komunikasi data yang paling banyak digunakan adalah TCP/IP. TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protocol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Kelebihannya adalah dapat mengkomunikasikan 2 buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan.

TCP/IP terdiri dari 4 lapisan kumpulan protokol atau layer, yaitu :
· Application Layer
Berfungsi sebagai interface antara pengguna dengan data . Terdapat semua aplikasi yang menggunakan protocol TCP/IP.

· Transport Layer
Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara 2 host/ komputer. Protokol yang ada di lapisan ini adalah TCP.

· Internet Layer
Terdiri dari 3 protokol, yaitu (1) IP yang berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat, (2) ARP yang berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama, dan (3) ICMP yang berfungsi untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data, sehingga data yang terkirim akan dikirimkan kembali.

· Nework Interface Layer
Berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media fisik dapat berupa kabel jaringan, serat optik, atau gelombang radio.

Tujuan jaringan computer dan internet dibuat adalah agar 2 komputer atau lebih dapat saling berbagi sumber daya. Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan disebut bandwith. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau bps. Artinya adalah beberapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan.

Meningkatkan arus lalu lintas data di jaringan :
1) Menggunakan teknologi jaringan pita lebar yang mempunyai kemampuan untuk melewatkan data yang lebih besar
2) Menggunakan media jaringan yang mempunyai hambatan yang lebih kecil, misalnya kabel serat optik.
3) Menggunakan teknologi kompresi data.

B. Keamanan Data Dalam Jaringan
Ada 2 bentuk aktivitas terhadap jaringn computer :
1. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan secara illegal. Pelakunya disebut hacker.
2. Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringansecara illegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di computer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelakunya disebut cracker.

Di internet, program atau utility yang digunakan sebagai alat untuk melekukan penyusupan, antara lain sebagai berikut IP Scanner, IP Sniffer, Network Analyzer, E-mail Bombs, spamming, TCP Wrapper, Password cracking, dan sebagainya.


Metode yang dilakukan hacker dan cracker untuk melakukan penyusupan :
1. Spoofing
Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user.

2. Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sebuah jaringan computer di jaringan lokalataupun computer di jaringan lain.

3. Sniffer
Program yang berfungsi untuk memonitor jaringan dan menangkap paket data yang melewati jaringan

4. Password Cracker
Membuka password yang sudah dienskripsi, ada juga dengan cara menghancurkan system keamanan password

5. Destructive Devices
Berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data.

Beberapa teknik pengamanan data :
1. Intenet Firewall
Berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke system internal. Firewall bekerja dengan 2 cara, yaitu (1) firewall filter menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentuyang bisa lewat dan hanya komputer identitas tertentu saja yang bisa berhubungan, dan (2) firewall proxy berarti tidak mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses 1 komputer tertentu saja.

2. Kriptografi
Teknik pengamanan data yang dilakukan dengan cara menyandikan data-data terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Ada 2 proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu (1) enkripsi adalah proses mengubah data asli (plain teks) menjadi data sandi (chipper teks), dan (2) dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya,

3. Secure Socket Layer (SSL)
Berfungsi untuk menyandikan data, sehingga komputer-komputer yang berada diantara komputer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

No comments: