Thursday, November 6, 2008

rangkuman bab1

BAB 1
MENGENAL INTERNET

I.PENGERTIAN DASAR INTERNET
A. APA ITU INTERNET?
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network . Internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peratura-peraturan negara tertentu tanpa dibatasi oleh batas-batas territorial Negara tertentu. Ada 2 peran internet, yaitu : (1) sebagai sumber data dan informasi, dan (2) sarana pertukaran data dan informasi.

B. BERBAGAI APLIKASI INTERNET
Aplikasi-aplikasi internet saat ini banyak digunakan dalam bebagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sector industri. Aplikasi internet yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain :

1) World Wide Web (www)
www merupakan aplikasi internet yang paling banyak digunakan dan aplikasi yang paling penting. Wwwadalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Langguage (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.halaman-halaman web yang dibuat dengan menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi. Dokumen HTML dapat memuat teks, gambar, animasi,audio, dan video.

2) Electronic Mail (E-Mail)
E-mail digunakan untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Melaui E-mail, kita juga dapat mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.

3) Mailing List (milis)
Milis digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam 1 kelompok melaui E-mai. Setiap E-mail yang dikirim ke lama milis akan dikirimkan ke seluruh alamat E-mail yang terdaftar sebagai anggota milis. Fasilitas ini digunakan oleh kelopok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggta kelompok.

4) Newsgroup
Newsgroup digunakan untuk bekomunikasi satu sama lian dalam sebuah forum. Newsgroup dapat dianggap bulletin board, dimana setiap orang bebas mempmaparkan pendapatnya untukdibaca olehoran lain yang tergaung dalam kelompok tersebut. Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas konferensivideoa, dapat berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).

5) Internet Relay Chat (IRC)
IRC digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau chatting. Chatting dilkaukan dengan cara mengetik apa yang ingin dikatakan kepada teman chatting kita kemudian menirimkannya dalambentuk teks. Saat ini beberapa layanan chatting di internet menyediakan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui webcam. Sehingga kita dapat chatting sambil melihatgambar teman chatting kita.

6) File Transfer Protocol (FTP)
FTP digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/ dari komputer lain. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil arsip dari sebuah server di internet, dan untuk meng-upload file situs sehingga bisa diakses oleh pengguna dari selruh peloseok dunia. FTP bisa berupa hasil penelitian, artikel, jurnal, dan lain-lain.

7) Telnet
Telnet digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP dari computer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses ke computer tersebut.

8) Ghoper
Gopher digunakan untuk mencari informasi yang da di internet dalam bentuk teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Ghoper server yang ada di internet.

9) Pocket Internet Gopher (Ping)
Ping digunakan untuk mengtahui apakah computer yang kita gunakan terhubung dengan computer laindi internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan car mengirimkan sejumlah paket data.

Kegunaan internet :
1. Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepatdan murah. Aplikasi yang digunakan : E-mail. www, newsgoup, FTP, dan Ghoper.
2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya Koran nasional dapat dicetak di daerah, Koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya.
3. Sebagai media promosi.
4. sarana komunikasi interaktif, seperti E-mai, dukungan pelanggan dengan www, konferensi video, IRC, telepon via internet.
5. Sarana penelitian dan pengembangan.
6. Sarana untuk mempertukarkan data.

C. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET
· 1960-an : Departemen Pertahanan AS khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.
· Oktober 1962 : Dimulailah program riset computer di ARPA ( Advance Research Projects agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
· 1965 : Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan computer TX-2 di MIT dengan computer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Dapat disimpulkan, bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data,namun tidak efisien karene menghabiskan bandwidth dan mahal. Kleinrock mempredikan model pengiriman pket datamerupakan komunikasi antardua komputeryang paling memungkinkan.
· 1966 : Bob Taylor melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini.
· 1969 : Jaringan yang dibuat oleh Bob Tylor berhasil dibuat dan pertama kali online dengan nama ARPANET. Pada awalnya ARPANET menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas di bagian barat daya Amerika Serikat.
· Juni 1970-Januari1971 : Beberapa universitas dan lembaga lain mulai ikut bergabung. Perkembangan internet semakin meluas dan cepat.
· 1971 :The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet .Protokol yang digunakan untik menakses sebuah computer dari jarak jauh. Network Working Group membuat kemajuan pada standar FTP, protokol yang digunakan untuk mendownload file.
· 1972 : Ray Tomlinson menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET Ia menggunakan simbol @ untuk menghubungkan nama pengguna dan alamat e-mail.
· Akhir 1980-an : simbol @ kemudian digunakan sebagai standar di seluruh dunia.
· 1973 : Pengembangan sebuah protokol yang disebut dengan protokol TCP/IP yang memungkinkan 2 jaringan computer yang berbeda dapat berinterkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain. Dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA.
· 1986 : Internet dipergunakan secara terbuka untuk umum.
· 1989 : Jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang dengan pesat.
· 1990 : ARPANET resmi ditutup. Beberapa aplikasi internet, seperti Archie, Ghoper,dan WAIS mulai digunakan.
· 1993 : Dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen bersama timnya di NCSA. Andreessen keluar dari NCSA, kemudianmembuat Netscape. Sampai akhirnya, Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer. Pengembangan teknologi DSL yang mempunyai kemempuan untuk mengirimkan data lebih cepat.
· Saat ini klita dapat mengakses internet melalui jaringan nirkbel WiFi maupun melalui layanan GPRS dan 3G yang mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan kabel.

Di seluruh dunia, Indonesia merupakan ngara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-15. sedangkan untuk kawasan Asia, Indonesia merupakan pengguna internet terbesar ke-5 di bawah Cina, Jepang, India, dan Korea Selatan.


II. PEMANFAATAN INTERNET UNTUK BISNIS
A. Electronic Commerce (E-Commerce)
E-Commerce adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Bentuk perdagangan secara elktronik yang dilakukan saat ini antara lain Internet Banking, pembelian dan penyedian barang, took online, dan sebagainya. Perdagangan seperti ini memberikan keuntungan bagi perusahaan dan konsumen.

Keuntungan bagi perusahaan :
1. Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak pelanggan.
2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
3. Biaya yang dkeluarkan perusahaan dapat dikurangi, karena perusahaan tidak perlu menyediakan took yang besar dan pegawai yang banyak.
4. Harga barang dpat dijual dengam lebih rendah. Akibatnya, lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harfga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku.
5. Meningkatkan daya saing perusahaan.

Keuntungan bagi komsumen :
1. Konsumen tidak perlu mendatangi took untuk mendapatkan barang, cukup memesan barang melalui Internet, barang akan diantar ke rumah.
2. Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
3. Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandngkan semua produk yang ada di internet.
4. Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di egara lain dan mungkin saja belum tersedia.
5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.

Di Indonesia, perdagangan secara elektronik juga sudah mulai dilakukan. Beberapa website didirkan khusus sebagai website untuk menjual barang-barang. Beberapa contohnya, antara lain glodokshop.com, apotikonline.com, masih banyak lagi.

B. Internet Banking
Internet banking sering dikeal dengan sebutan Electronic Banking (E-Banking), Cyberbanking, Virtual Bankng, Home Bnaking, dan Online Banking. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-temat lain dengan memanfaatkan internet.

Keuntungan bagi nasabah bank :
1. Nasabah tidak perlu lagi datangke bank untuk melakukan transaksi perbankan.
2. Menghemat waktu dan biaya perjalanan.
3. Dapat melakukan transakasi perbankan kapan saja dan dimana saja (asalkan ada internet).

Keuntungan bagi bank :
1. Memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional.
2. Mengurangi nasabah yang dating ke bank, sehingga bank dapar menggunakan kantor yang lebih kecildan pegawai yang lebih sedikit.
3. Dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan.

Transakasi yang dapat dilakukan dengan internet banking adalah transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan-tagihan, informasi rekening, transaksi-transaksidan lain sebagainya.

Salah satu bank di duniayang merupakan pionir dari internet bankingadalah SFNB. Sedangkan di Indonesia, bank-bank yang telah menyediakan jasa internet banking, antara lain BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.

C. Belajar Jarak Jauh
Ada beberapa faktor yang harusdipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektif antara lain institusi penyelenggara, pengajar, siswa, dan teknologi.

D. Keamanan Data dalam Transaksi di Internet
Beberapa hal yan perlu diperhatikan untukmenjga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking ;
· Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungn dengan keamanan data, sehingga data kita tidak jatuh ke orang lain.
· Setelah selesai menggunakan layanan toko online atau internet bankng, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut sebelum menutup browser atau meninggalkan computer yang digunakan.
· Kita tidak boleh meninggalkan computer kita sedang login di internet banking.
· Komputer kta harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencuri data-data kita.
· Gunakan hanya computer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking.
· Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.

No comments: