Thursday, November 6, 2008

rangkuman bab 4

BAB 4
KONEKSI KE INTERNET

A. Berbagai Tipe Koneksi Ke Internet
1. Jaringan Komputer (LAN)
Mengakses internet menggunakan jaringan komputer lokal adalah menghubungkan komputer ke internet melalui server jaringan lokal yang terhubung ke internet. Untuk dapat terhubung dalam jaringan komputer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Keuntungannya adalah biaya untuk akses internet lebih murah. Kelemahannya adalah jika sedang melakukan akses yang banyak, akses menjadi lambat, terlebih jika bandwith yang ada terbatas.

2. Saluran Telepon Langsung
Saat ini Telkom telah menyediakan layanan akses internet yang disebut dengan TelkomNet Instant. Layanan tersebut memungkinkan kita mengakses langsung ke internet tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Dengan menggunakan nomor akses 080989999 dengan user ID “telkomnet@instant” dan password “telkom”. Tagihannya akan dibebankan pada pembayaran telepon kita setiap bulannya. Kelebihannya adalah jaringannya luas. Kekurangannya adalah harga yang ,masih relative mahal, kecepatan akses yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon, serta mobilitas akses yang mengharuskan kita tetap pada satu tempat.

3. Teknologi ADSL
Trknologi ADSL memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Keuntungan bagi penyedia jasa adalah tidak perlu lagi membangun infrastruktur baru untuk mendukung layanan ADSL. Keuntungan bagi pelanggan adalah tidak perlu membayar untuk membangun infrastruktur baru jika ada saluran telepon. ADSL mampu mengirimkan data-data sampai pada kecepatan 2 Mbps ke pengguna yang berjarak 5 km dari sentral telepon. Kelebihannya adalah kita tetap dapat menggunakan internet sambil menggunakan telepon secara bersamaan. Kelemahannya adalah harga modem yang relatif mahal. Untuk dapat menggunakan ADSL, kita harus menyediakan modem ADSL dan juga terdaftar sebagai pelanggan ISP yang menydiakan layanan koneksi menggunakan ADSL.

4. Jaringan TV Kabel
Kelebihannya adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Kelemahannya adalah hanya tersedia di kota-kota besar dan daerah-daerah tertentu saja yang dijangkau oleh layanan TV Kabel.

5. GPRS
GPRS adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. Sistem tarif layanan GPRS dilakukan berdasarkan besarnya data yang ditransfer. Kelemahannya adalah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile, kita harus melakukan setting tertentu pada telepon selular dan harga layanan yang relatif mahal.

6. WiFi
WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensinya berada pada spectrum 2,4 GHz. Kemampuan akses internet hingga 11 Mbps. Ada 3 komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot :
1. Access Point (Titik Akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di komputer.
2. Access Controller (Pengendali Akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak/ izin untuk melakukan akses.
3. Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet.

Kelemahannya adalah akses hanya dapat dilakukan di tempat-tempat tertentu yang sudah dipasang titik poin, dan masalah keamanan data.

7. Wireless Broadband (WiBro)
WiBro dapat diakses dari jarak 1 km dari titk poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps dan masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan 60 km/jam.

8. 3G
Kelebihannya adalah bandwith yang lebar, didukung dengan teknologi HSDPA. Kelemahannya adalah hanya bisa menggunakan sebatas pada daerah jangkauan operator penyedia layanan dan jika ingin mengakses layanan internet menggunakan 3G, kita harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G.

B. Menghubungkan Komputer ke Internet
1. Menyetting Koneksi Dial-Up
Langkah menghubungkan komputer ke internet menggunakan Dial-Up :
1) Dari menu start, pilih setting, kemudian klik Control Panel atau klik Switch to Classic Yiew.
2) Klik Network Connections.
3) Di bagian Network Task, klik Create a new connection.
4) Klik tombol Next.
5) Pilih Connect to the Internet. Kemudian klik tombol Next.
6) PIlih Set up my connection manually. Kemudian klik tombol Next.
7) Pilih Connect using a dial-up modem. Kill tombol Next.
8) Bila di komputer yang digunakan terdapat lebih dari satu jenis modem, pilih modem yang akan digunakan. Pilihlah modem yang sesuai dengan koneksi dial-up. Kemudian klik tombol Next.
9) Masukkanlah nama ISP yang digunakan : TelkomNet. Klik tombol Next.
10) Masukkanlah nomor telepon untuk akses internet : 080989999. klik tombol Next.
11) Isilah User name dengan “telkomnet@instant”, password dan confirm password dengan “telkom”. Klik tombol Next.
12) Untuk menambahkan shortcut TelkomNet Instantdi desktop, berilah tanda cek di kotak cek Add to this connection to my desktop. Klik tombol finish.


2. Langkah-langkah untuk memulai koneksi Dial-Up :
1) Carilah shortcut TelkomNet Instant di desktop. Klik shortcut tersebut.
2) Klik tombol Dial.
3) Jika proses koneksi gagal, klik tombol Redial.

3. Langkah-langkah untuk mengakhiri koneksi Dial-Up :
1) Klik ikon TelkomNet di taskbar.
2) Klik tombol Disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet.

No comments: